Dosen Program Studi Geografi, Drs. Yuli Priyana, M.Si  dan Dra. Alif Noor Anna, M.Si telah menerbitkan buku ajar dengan Judul “Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Berbasis Kebencanaan Perspektif Geografi”. Buku tersebut merupakan output dari penelitian hibah dikti multi years.

Buku ini membahas bencana yang disebabkan oleh faktor cuaca dan iklim serta upaya pengelolaannya. Jenis bencana yang dibahas dalam buku ini meliputi: banjir, tanah longsor, lahan kritis, dan kekeringan. Sementara itu seorang geograf memandang bahwa bencana yang terjadi antara satu wilayah dengan wilayah lain akan memiliki karakter yang berbeda dilihat dari penyebab, intensitas kejadian, dan dampaknya, sehingga upaya pengelolaanya pun akan berbeda. Buku ini juga merupakan buku hasil pengembangan dari Mata Kuliah Klimatologi dan Meteorologi.

Sumber penyusunan buku ini berasal dari berbagai macam literatur seperti hasil penelitian yang dilakukan di DAS Bengawan Solo Hulu dan Tengah, buku kuliah klimatologi dan meteorologi, buku kuliah manajemen bencana, jurnal penelitian, data kejadian bencana yang diperoleh dari instansi pemerintah (BNPB, BAPPEDA, BIG) dan artikel ilmiah yang termuat dalam prosiding.