Geografi UMS adakah Kuliah Online Guru Geografi se-Indonesia selama masa pandemi Covid-19, Kamis-Rabu (16-22/04). Dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom/schoology/whatssapp, kuliah online bertemakan “Kajian Geografi dengan Basis Teknologi Spasial dan Publikasi” tersebut diikuti oleh 100 guru Geografi dari berbagai daerah di Indonesia.

Kuliah Online hari pertama dilaksanakan pada hari Kamis (16/04) dengan fasilitator Aditya Saputra, Ph.D. dengan bahasan tentang Aplikasi Drone untuk Pembelajaran Geografi. Hari berikutnya, Jumat (17/04), kuliah online berlanjut dengan materi berupa Proses Belajar Mengajar Geografi Online yang dipandu oleh Jumadi, Ph.D.

Hari Sabtu (18/04), Kuliah Online diisi oleh Agus Anggoro Sigit, S.Si., M.Sc dengan bahasan berupa Aplikasi PJ untuk Pembelajaran Geografi. Selanjutnya Hari Senin (20/04), kuliah online dilakukan dengan fasilitator Dr. Choirul Amin, S.Si., M.M dengan materi Trik Penyusunan Karya Tulis Ilmiah.

Hari Selasa (21/04) materi tentang Kajian Geomorfologi Indonesia yang dibahas bersama Dr. Kuswaji Dwi Priyono, M.Si. Terakhir sebagai penutup adalah materi yang disampaikan oleh Drs Priyono, M.Si tentang Menulis di Koran itu Mudah?

Seperti halnya kuliah pada umumnya, di akhir pembelajaran fasilitator memberi tugas yang harus dikerjakan oleh setiap peserta. Respon dari peserta pun cukup antusias. Terbukti banyak dari peserta yang mengerjakan tugas. Tugas yang dikumpulkan pun tidak sekedar tugas sebagai pemenuhan kewajiban. Output dari tugas yang diberikan akan dibubukan dalam sebuah buku kumpulan ber-ISBN.