Anda Pengunjung Ke:

free html visitor counters

User:


Khasanah Islam (Arti Penting Pengabdian Masyarakat di Tinjau dari Ilmu Geografi yang Bernilai Islami)


Rudiyanto

Geografi merupakan salah satu ilmu yang mempelajarai seluruh alam semesta beserta isinya. Fenomena-fenomena alam yang terjadi seperti banjir, kekeringan, gunung meletus merupakan salah satu kajian ilmu geografi dibidang kebencanaan. Peran geograf dalam kehidupan sehari-hari menjadi penting. Salah satu contoh yang dilakukan adalah peran Geograf Fakultas Geografi UMS yang telah membantu masyarakat Desa Pucung Eromoko Wonogiri keluar dari bencana kekeringan yang melanda.

            Sehingga pada tanggal 19 maret 2015 Geograf Fakultas Geografi UMS yang diwakili oleh Dr. Kuswaji Dwi Priyono dan Drs. Priyono, M. Si diundang TA TV terkait dengan aktivitas peran geograf dalam upaya mengatasi bencana kekeringan. Awal mula ide pengabdian tersebut dimualai dari Kegiatan Caving Atau Penelusuran Goa Sampai Penemuan Sungai Dibawah Tanah Yang Memiliki Debit Rata Rata Konstan 2 Liter Per Detik Pada Puncak Kemarau Kemudian Dengan Peralatan Survai Geografi, Air Sungai Tersebut Bisa Diangkat Keatas Dan Disalurkan Ke Bak Bak Penampungan Untuk Konsumsi Domestik Masyarakat Desa Pucung Sebanyak 2345 Orang.

            Diakhir sesi wawancara tersebut dapat diambil sebuah hikmah bahwa sebaik-baik manusia ialah mereka yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Secara detail hasil transkip wawancara dapat di download di sini

Contact Us

Fakultas Geografi UMS
Surakarta: Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Surakarta
Telp. 62-271-717417 ext 151-153

Galery






Calendar