Subscribe News


 
E-mail
Name

 

Anda Pengunjung Ke:

free html visitor counters

User:


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Mahasiswa Giribahama


Jumadi

UMSSOLO (KRjogja.com) - Mahasiswa pecinta alam Giri Bahama Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil menyusun peta citra sebanyak 9 dusun dan 1 desa di desa Bangunrejo Kidul Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi Jawa Timur. Dekan Fakultas Geografi, Drs.Priyono Msi mengatakan hasil kerja mahasiswa ini bisa memperlancar pelayanan masyarakat delapan dukuh dan satu desa.

Kedelapan dukuh meliputi Pohjagal, Pohsluku, Bangun, Ngubalan, Sidodadi, Golan, Blumbang, Garangan, Gelon serta desa Bangunrejo Kidul. Setelah diadakan penelitian tersusunlah peta citra. Peta dicermati dosen pembimbing Agus Anggoro Sigit Ssi MSc dan diklarifikasi sembilan orang kepala dusun agar dicapai tingkat ketelitian yang tinggi.

Ada 20 mahasiswa yang tergabung dalam unit kegiatan pecinta alam Giri Bahama Fakultas Geografi UMS. "Inilah bentuk pengabdian nyata yang dilakukan Fakultas Geografi UMS dengan kerja kolaborasi antara mahasiswa pecinta alam Giri Bahama dengan pemerintah desa Bangun Rejo Kidul dengan produknya peta citra untuk tingkat desa dan tingkat administrasi terendah dusun," jelas Priyono.

Pihak desa menyambut dengan gembira terhadap hasil karya mahasiswa tersebut. Banyak mahasiswa yang telah melakukan kuliah kerja nyata di daerah tersebut, tapi baru kali ini yang sangat dirasakan manfaatnya bagi desa Bangun Rejo Kidul. Hasil mahasiswa Geografi UMS itu akan disosialisasikan kepada semua warga.

Menurut Priyono, model kolaborasi yang Geografi UMS dengan pemerintah desa Bangun Rejo Kidul cukup unik. Beaya survai, kebutuhan transportasi dan cetak peta citra berjumlah 10 diserahkan Fakultas Geografi UMS dan pecinta alam Giri Bahama. Sedangkan konsumsi dan penginapan selama survai ditanggung desa.

Peta citra yang dibuat berbasis masyarakat, karena sebelum memasuki tahap cetak lebih dulu dilakukan klarifikasi oleh masyarakat terutama batas administrasi. Total beaya yang dikeluarkan untuk pengabdian ini sebesar Rp 10 juta. Anggaran ini di luar pengadaan citra satelitnya.(Qom)

Sumber: Kedaulatan Rakyat

Contact Us

Fakultas Geografi UMS
Surakarta: Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Surakarta
Telp. 62-271-717417 ext 151-153

Galery






Calendar