Subscribe News


 
E-mail
Name

 

Anda Pengunjung Ke:

free html visitor counters

User:


Dosen Geografi Presentasi Semnas di BIG


Rudiyanto

Pangan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia, dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin di dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sebagai negara dengan jumlah penduduk yang besar, dan memiliki sumber daya alam dan sumber pangan yang beragam, Indonesia diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pangannya secara berdaulat dan mandiri. Kedaulatan pangan saat ini telah memasuki era baru, setelah Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Joko Widodo-Jusuf Kalla, memasukkan kedaulatan pangan sebagai salah satu satu dari Sembilan Cita-cita (Nawacita) yang harus dilaksanakannya.  Oleh karena itu pembangunan Indonesia untuk 5 (lima) tahun ke depan telah memprioritaskan pada upaya mencapai kedaulatan pangan, kecukupan energi dan pengelolaan sumber daya maritim dan kelautan, sebagaimana disebutkan dalam RPJMN 2015-2019.

Peran Informasi Geospasial (IG) dalam mendukung program kedaulatan pangan di Indonesia sangat menentukan. Badan Informasi Geospasial (BIG, dahulu bernama Bakosurtanal), merupakan penyelenggara tunggal IG Dasar di Indonesia, sesuai yang tertera dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang IG, memiliki tanggung jawab untuk menyediakan IG yang andal, akurat, dan dapat dipertanggung jawabkan. Untuk itu perlu diadakan suatu forum nasional sebagai sarana untuk bertukar pikiran yang diharapkan dapat menampung masukan-masukan dari para ahli atau akademisi di bidang IG dalam rangka mendukung kedaulatan pangan. Menilik hal tersebut, BIG menyelenggarakan Seminar Nasional yang mengambil tema “Peranan Geografi dalam Mendukung Kedaulatan Pangan”. Acara tersebut merupakan hasil kerja sama antara BIG dengan Ikatan Geografi Indonesia (IGI), dan Forum Komunikasi Kelitbangan (FKK) dalam rangka memperingati Hari Bumi 2015. (Sumber: big.go.id)

Seminar tersebut diikuti oleh 2 dosen geografi, yakni Drs. Priyono, M. Si., dan Drs. Yuli Priyana, M. Si. Adapun materi lengkapnya dapat di download di sini. Download materi 1 dan download materi 2

Contact Us

Fakultas Geografi UMS
Surakarta: Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Surakarta
Telp. 62-271-717417 ext 151-153

Galery






Calendar