Subscribe News


 
E-mail
Name

 

Anda Pengunjung Ke:

free html visitor counters

User:


Kebakaran Hutan dan Etika Lingkungan


Drs. Priyono, M. Si.

Kebakaran Hutan dan Etika lingkungan

Oleh Drs. Priyono, M.Si

“Tidaklah seorang muslim yang menanam tumbuhan anu bercocok tanam, kemudian buahnya dimakan oleh burung atau manusia atau binatang ternak, kecuali yang dimakan itu akan bernilai sedekah untuknya." (HR Bukhari)

Bulan ini Indonesia sudah memasuki fase El-Nino Moderat, sehingga curah hujan makin berkurang dibanyak wilayah, bahkan beberapa daerah sudah mengalami kekeringan ekstrim. Kekeringan berkepanjangan tersebut memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan, terutama lahan gambut yang mudah terbakar.

Kebakaran lahan dan hutan menyebabkan kabut asap yang menganggu aktivitas sosial ekonomi masyarakat, bahkan kini mulai menimbulkan wabah penyakit ISPA yang berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Kebakaran hutan dan dampaknya bagi kehidupan manusia ini semakin menguatkan bahwa terdapat hubungan timbal balik yang erat antara perilaku manusia dengan lingkungan. Perilaku positif menjadikan lingkungan tetap lestari dan perilaku negatif menyebabkan kerusakan lingkungan. Demikianlah cuplikan Artikel yang disusun oleh Drs. Priyono, M. Si dengan judulnya Kebakaran Hutan dan Etika Lingkungan yang dimuat dalam harian Suara Merdeka Radar Solo. Secara lengkap artikel tersebut bisa di lihat di sini.

Posting tanggal 22 september 2015

 

Contact Us

Fakultas Geografi UMS
Surakarta: Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Surakarta
Telp. 62-271-717417 ext 151-153

Galery






Calendar