Anda Pengunjung Ke:

free html visitor counters

User:


Prediksi BNPB dan Pendidikan Melek Bencana


Drs. Priyono, M. Si

“Guru merupakan teladan bagi peserta didik. Guru adalah agen aktifitas yang Ucapan dan tindakannya akan mengubah hidup, serta mernbentuk masa depan agar lebih baik atau lebih buruk terhadap kehidupan peserta didik.”

Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi akan terjadi sejumlah bencana alam pada tahun 2016. Bencana hidrometeorologi (banjir, longsor, dan puting beliung) diperkirakan masih akan mendominasi selama tahun 2016. Hal ini terkait dengan fenomena La Nina yang kemungkinan akan menguat di tahun 2016. Selain itu potensi kebakaran hutan masih tetap tinggi, khususnya di sumatera dan kalimantan.

Tidak hanya itu, bencana gempa bumi juga kemungkinan akan terjadi di jalur subduksi di laut dan jalur sesar di darat, terutama di Indonesia bagian timur. Termasuk pula potensi tsunami yang sangat tergantung dari besaran gempa. Adapun erupsi gunung api tidak dapat diprediksi untuk jangka panjang karena setiap gunung memiliki karakteristik sendiri. Bencana yang ada di dunia ini ada yang dapat diprediksi seperti banjir, tanah longsor tapi juga ada yang unpredictable seperti gempa bumi, tsunami. Dari 127 gunung api di Indonesia, terdapat satu gunung berstatus awas; tiga berstatus siaga dan 15 berstatus waspada.

Prediksi BNPB ini semakin meneguhkan bahwa Indonesia adalah negeri "supermarket bencana", karena hampir segala jenis bencana ada melanda di Nusantara ini, Kepulauan Indonesia merupakan saIah satu wilayah yang.memiliki kondisi geologi yang sangat menarik di dunia. Akan tetapi bisa jadi sekaligus menjadi laboratorium bencaha yang akan mendatangkan para ahli asing dan produksi penelitian di bidang bencana sekaligus sangat potensial menarik turis asing mengunjungi Indonesia karena memiliki karakteristik yang khas sehingga bisa menghasilkan devisa yang besar bila promosi dikemas. dalam system yang sinergis.

Pemahaman tentang bencana ini sangat penting diberikan baik di bangku kuliah maupun sekolah untuk meningkatkan kesiapsiagaan, generasi penerus bangsa agar mereka dapat ikut meminimalisir dampak yang ditimbulkan oleh bencana. Generasi yang memiliki kesiapan terhadap bencana akan mampu menghadapi dan melakukan tindakan penyelamatan diri pada saat bencana terjadi.

Demikianlah cuplikan artikel yang ditulis oleh Bpk Drs. Priyono, M. Si, selaku dekan Fakultas Geografi UMS yang termuat dalam koran Joglosemar, Kamis 7 Janurai 2016. Secara lengkap artikel dapat di download di sini

Posting tanggal: 15 Januari 2016

Contact Us

Fakultas Geografi UMS
Surakarta: Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Surakarta
Telp. 62-271-717417 ext 151-153

Galery






Calendar