Anda Pengunjung Ke:

free html visitor counters

User:


Pokemon Go dan nilai waktu dalam Islam


Drs. Priyono, M. Si.

GAME Pokemon Go saat ini mewabah dan makin digemari netizen di seluruh Indo­nesia dan dunia. Para penggunanya semakin bertambah banyak mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa dan orang tua Mereka sibuk berburu mons­ter-monster Pokemon yang ada di sekelilipgnya. Bahkan, beberapa diantaranya ada yang sengaja berpetualang ke tempat-tempat yang terdapat mons­ter Pokemon.

Namun demikian, game ini terus ditimpa dengan isu negatif mulai dari terjadinya kecelakaan, hingga baru-baru ini, game tersebut dikabarkan difatwakan sebagai game haram oleh pemerintah Arab Saudi. Namun ternyata kemudian kabar tersebut dibantah oleh Kemeriterian Budaya dan lnformasi Arab Sau­di bahwa fatwa haram akan Pokemon Go adalah hoax.

Dalam kaidah Islam, ketika mendengar berita dari siapa pun, termasuk berita lewat du­nia maya yang susah dibendung maka sikap kita harus hati-hati tidak serta merta ditelan tapi perlu tabayun. Perlu tahu sumbemya bisa dipercaya atau tidak. Sebab ikut menyebarkan berita yang salah termasuk perbuatan yang tercela. Berita yang benar pun bila orang yang diperbincangkan tidak senang, maka dikatakan ghibah dalam Islam. Lebih-lebih jika berita itu palsu maka masuk dalam kategori fitnah dan amat besar dosanya. Secara lengkap artikel dapat dibaca dan download di sini

 

Upload tanggal 13 September 2016

Contact Us

Fakultas Geografi UMS
Surakarta: Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Surakarta
Telp. 62-271-717417 ext 151-153

Galery






Calendar