Subscribe News


 
E-mail
Name

 

Anda Pengunjung Ke:

free html visitor counters

User:


Peserta ODS Datangi Laboratorium SIG dan PJ Fakultas Geografi




11 - 13 Februari 2013 yang lalu peserta ODS (One Day Services) mendatangi beberapa Laboratorium yang ada di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kegiatan dimaksudkan untuk lebih memperkenalkan calon mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surakarta 2013 kepada fasilitas akademis yang ada di kampus UMS. Pada tanggal 12 Februari 2013 peserta ODS diajak untuk merasakan atmosfer Laboratorium Sistem Informasi Geografis (SIG) Fakultas Geografi yang terletak di lantai 2 Gedung I kampus UMS. 

Di pandu oleh asisten lab SIG peserta ODS diperkenalkan mengenai Sistem informasi Geografis. Sistem Informasi Geografis merupakan produk dari kemajuan teknologi saat ini. Kemampuannya yang dapat membantu menyelesaikan segala permasalahan yang muncul diberbagai disiplin keilmuan menyebabkan teknologi ini banyak diminati oleh berbagai kalangan. Fakultas Geografi yang sangat dekat dengan analisis keruangan mengembangkan laboratorium SIG ini dengan harapan pengembangan sistem informasi geografis dapat membantu menyelesaikan fenomena-fenomena yang ditemui oleh Geograf. Terlebih lagi saat ini dikalangan birokrat telah disyahkan mengenai UU no 4 tahun 2011 tentang informasi geospasial yang dapat memberikan pengaruh positif bagi pengembangan informasi geospasial termasuk sistem informasi geografis. 

Peserta ODS mengikuti demonstrasi mengenai Sistem Informasi Geografis dan langsung mencoba mengoperasikan sistem tersebut. Dengan demikian peserta mendapatkan gambaran yang jelas mengenai sistem informasi geografis secara detil. Tanggal 13 Februari giliran Laboratorium Penginderaan Jauh yang mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan diri kepada peserta ODS. Sama halnya dengan Sistem Informasi Geografis, penginderaan jauh juga merupakan produk kemajuan teknologi saat ini. Seperti yang sering dilontarkan oleh Agus Anggoro Sigit, S.Si., M.Sc., dosen pengampu PJ dan SIG di Fakultas Geografi UMS, bahwa SIG dan PJ merupakan dua sistem yang berbeda seperti ibarat koin mata uang. Sama-sama dalam satu koin tetapi saling berlawanan arah. SIG memiliki sistem tersendiri, begitu pula dengan PJ yang memiliki sistem tersendiri, tetapi penggunaannya dilakukan secara bersama-sama. Dengan kata lain SIG merupakan pengolahan data yang bersifat spasial, sedangkan PJ merupakan proses pengambilan data menggunakan berbagai sensor. Dalam penggunaannya penginderaan jauh dapat digunakan sebagai input data dalam Sistem Informasi Geografis

di Laboratorium PJ peserta ODS diperkenalkan dengan berbagai alat yang sering digunakan dalam analisis penginderaan jauh, termasuk diperkenalkan produk-produk penginderaan jauh dan fungsi dari masing-masing produk tersebut. Diharapkan dengan kunjungan peserta ODS di laboratorium PJ dan SIG ini dapat meningkatkan citra Fakultas Geografi di kalangan masyarakat pada khususnya dan dapat meningkatkan ketertarikan calon mahasiswa baru untuk studi di Universita Muhammadiyah Surakarta.

   

Contact Us

Fakultas Geografi UMS
Surakarta: Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Surakarta
Telp. 62-271-717417 ext 151-153

Galery






Calendar