Subscribe News


 
E-mail
Name

 

Anda Pengunjung Ke:

free html visitor counters

User:


Delegasi Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta Terpilih Untuk Presentasikan Hasil Penelitian di Seminar Nasional “Geografi Membumi 2013” Universitas Muhammadiyah Purwokerto




Sabtu, 16 September 2013-02-20

Tema Seminar yang diusung oleh Jurusan Pendidikan Geografi UMP kali ini adalah Peran Pendidikan Geografi Dalam Pengembangan Karakter Bangsa dengan Judul GEOGRAFI MEMBUMI 2013. Dalam kesempatan ini dihadirkan 2 nara sumber sebagai keynote speaker yaitu Dr. Sulistyo, M.Pd. Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pusat dan Prof. Dr. Nursyid Sumaatmaja Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Dalam presentasinya Dr. Sulistyo, M.Pd memaparkan banyak hal mengenai perkembangan ilmu geografi dalam tatanan kurikulum pendidikan di Indonesia, sedangkan Prof. Dr. Nursyid Sumaatmaja lebih banyak menekankan perenan geografi sebagai pembentuk karakter bangsa. Beliau menyebutkan sebagai pendidik baik guru maupun dosen tidak cukup jika hanya bermodalkan pengetahuan, tetapi harus dilengkapi dengan kecintaan dan keikhlasan terhadap ilmu geografi itu sendiri. Tanpa itu materi yang disampaikan tidak akan mampu membentuk karakter bangsa yang diinginkan.

Di sesi yang kedua Perwakilan dosen Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta terpilih untuk  sajikan hasil penelitiannya di depan peserta Seminar Nasional. Adapun beberapa delegasi yang terpilih diantaranya adalah Prof. Dr. Darsiharjo, M.S. perwakilan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Drs. Sobirin, M.Si. perwakilan dari Jurusan Geografi Universitas Indonesia, Jakarta, dan 2 penyaji intern dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Delegasi dari Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta sendiri diwakili oleh Aditya Saputra,S.Si.,M.Sc. Dalam kesempatan ini Aditya Saputra,S.Si.,M.Sc. menyampaikan pentingnya pendidikan kebencanaan dalam usaha pengurangan risiko bencana khususnya gempabumi. Gagasan ini merupakan salah satu hasil penelitiannya ketika studi S2 di Geo Information For Spatial Planning and Risk Management. Penyaji menemukan bahwa masyarakat pada umumnya belum menyadari betul pentingnya melakukan persiapan untuk menghadapi bencana seperti gempabumi, walaupun mereka telah tahu betul mengenai apa yang dimaksud gempabumi dan bencana-bencana yang lain.

Kesempatan ini merupakan momen yang tepat untuk menyampaikan hasil penelitian tersebut, dikarenakan mayoritas peserta merupakan guru dan akedemisi. Sehingga setelah mengikuti seminar ini diharapkan peserta dapat menanamkan kepada peserta didiknya mengenai pentinganya kesiapsiagaan. Dengan demikian karakter bangsa yang lebih cenderung “nrimo” dapat dirubah menjadi bangsa yang siap untuk menghadapi bencana sesuai dengan konsep pengurangan risiko bencana yang sedang digalakkan oleh BNPB Indonesia pada saat ini. 

 

 

Contact Us

Fakultas Geografi UMS
Surakarta: Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Surakarta
Telp. 62-271-717417 ext 151-153

Galery






Calendar