Subscribe News


 
E-mail
Name

 

Anda Pengunjung Ke:

free html visitor counters

User:


Pelayanan yang didapat Ketika Masuk Fakultas Geografi UMS




Berikut pelayanan yang didapat bagi calon mahasiswa baru Fakultas Geografi UMS

 

Jenis Pelayanan 

Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya

Bimbingan dan konseling

Pembimbingan Akademik, masing-masing mahasiswa memiliki dosen pembimbing akademik (PA), dilakukan minimal 3 kali dalam 1 semester dengan rincian kegiatan sebagai berikut:
a. Konsultasi dan pengambilan Hasil Studi (KHS)

b. Konsultasi Kartu Rencana Studi (KRS)

c. Konsultasi studi mahasiswa

Proses pembimbingan ini telah memberikan kontribusi terhadap kelancaran studi mahasiswa. Pada saat mahasiswa memiliki masalah akademik dapat dikonsultasikan dengan PA masing-masing. Sehingga diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan studinya sesuai waktu yang direncanakan.

Pembimbingan kuliah kerja lapangan

Kuliah kerja Lapangan (KKL) terdiri dari 4 tahap yaitu:

  1. KKL 1: pengenalan bentang geografi
  2. KKL 2: pengukuran parameter fisik
  3. KKL 3: pengukuran parameter sosial ekonomi
  4. KKL 4: studi kewilayahan.

Bimbingan ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam melakukan kajian geografi. Empat tahap tersebut merupakan proses yang berkesinambungan dan diakhiri dengan studi kewilayahan yang melibatkan seluruh parameter geosfer sebagai objek kajian geografi.

Pembimbingan Skripsi

Berdasarkan SOP skripsi, pembimbingan dilakukan rata-rata 8-10 kali mulai dari pengajuan skripsi  sampai dengan sidang pendadaran mahasiswa.  Hasil yang didapat adalah skripsi mahasiswa lebih terarah dan terpantau. Dokumen yang mendukung kegiatan ini adalah kartu bimbingan skripsi dan laporan skripsi mahasiswa

Lembaga Konsultasi Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mahasiwa dapat melakukan proses konsultasi mengenai proses belajar dan kesulitan yang dihadapi dengan sumber daya psikolog dari Fakultas Psikologi UMS.

Minat dan bakat

(ekstra kurikuler)

Minat dan bakat mahasiswa disalurkan melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baik UKM tingkat universitas maupun fakultas. Pendirian serta kepengurusan UKM universitas ditetapkan melalui SK Rektor, sedangkan di tingkat fakultas ditetapkan dengan SK Dekan. Pelaksanaan kegiatan UKM dilakukan sesuai program kerja yang disusun dengan tetap mengacu pada visi dan misi universitas maupun fakultas/program studi. Setiap akhir periode kepengurusan setiap UKM mempertanggungjawabkan kegiatannya. Hasil yang didapat adalah pengalaman organisasi dan manajemen bagi mahasiswa. UKM yang ada di tingkat universitas diantaranya mahasiswa muslim pecinta alam (MALIMPA), Pabelan Pos, Paduan Suara, Marching band, Basket, Teater, Tapak Suci dan sebagainya. Adapun UKM di Fakultas Geografi adalah IMM, DPM, BEM, GIRI BAHAMA (Pecinta Alam), GLOBE (Pers Mahasiswa).

Pembinaan soft skills

Soft skill mahasiswa dibangun melalui kegiatan-kegiatan di UKM maupun fakultas yakni Workshop, pelatihan softskill mahasiswa, character building dan pembimbingan profesional, latihan kepemimpinan, korganisasian dan penelitian yang dilaksanakan setahun sekali. Kegiatan tersebut dibimbing oleh dosen maupun pakar kompeten. Hasilnya dapat meningkatkan softskill mahasiswa dalam mendukung kegiatan akademik.

Beasiswa

Beasiswa yang diperuntukkan mahasiswa Program Studi Geografi UMS berasal dari berbagai sumber yaitu

a. Peningkatan Prestasi Akademik

b. Bantuan Belajar Mahasiswa

c. Universitas Muhammadiyah Surakarta      

d. Beasiswa Jateng

e. Beasiswa Sudadi (Alumni)                                      

f.  Beasiswa Mahasiswa Baru Berprestasi (Fakultas)

Untuk memperoleh beasiswa diawali dengan proses: (1) Sosialisasi, (2) Seleksi, (3) Pengumuman Hasil dan, (4) Pencairan. Kriteria untuk memperoleh beasiswa adalah: prestasi akademik yang memadai, berasal dari golongan ekonomi lemah, aktif dalam kegiatan ORMAWA dan Dakwah.

Kesehatan

UMS memiliki Muhammadiyah Medical Center (MMC) sebagai sarana pelayanan kesehatan bagi mahasiswa, karyawan, dosen dan masyarakat umum. Pelayanan dibuka setiap hari tanpa memungut biaya (Gratis) kepada mahasiswa, karyawan dan dosen untuk pengobatan rawat jalan dengan obat generik standar. Pengobatan yang diberikan adalah pengobatan umum dan gigi, sedangkan rawat inap tidak dilayani di MMC.

Bimbingan ke-Islaman dan Kemuhammadiyahan

Mentoring Agama Islam yang diperuntukan untuk membina mahasiswa baru selama 1 tahun (2 semester) yang dikelola oleh LPID (Lembaga Pengembangan Ilmu-Ilmu Dasar)
Bimbingan Baca Tulis Al-Quran (LPID).

Pondok Pesantren Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Sobron UMS, yang lebih dikhususkan untuk pemondokan mahasiswa belajar Al- Islam Kemuhammadiyahan.

Lainnya

Pelayanan lain berupa:

  1. Satunan kecelakaan dan kematian, diperuntukkan mahasiswa tahun ke-1 s/d tahun ke-4 (Bidang Kemahasiswaan UMS).
  2. Bimbingan Psikologi bagi mahasiswa (Fak. Psikologi)
  3. Bimbingan kenakalan remaja (Fak. Ilmu Agama )
  4. Asrama Mahasiswa Pondok Pesantren Internasional Mas Mansur, yang dilengkapi dengan fasilitas untuk mahasiswa.
  5. Hot-spot area gratis untuk mahasiswa yang dikelola oleh IT UMS.
  6. ACEC (Alumni Carier and Employment), sebagai media informasi lowongan pekerjaan bagi alumni (UMS).
  7. IT Help Desk untuk mendukung palayanan jaringan dan IT di UMS.
  8. Lembaga konsultasi bantuan hukum UMS (Fakultas Hukum).

Contact Us

Fakultas Geografi UMS
Surakarta: Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Surakarta
Telp. 62-271-717417 ext 151-153

Galery






Calendar