Prosiding Seminar PJ dan SIG 2012, kerjasama UMS dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI). 80an makalah hasil penelitian terkait Aplikasi PJ dan SIG untuk bencana bisa dibaca disini. Pesan sekarang juga!. Dicetak terbatas.
Prosiding Seminar Telah Tersedia


Untuk pemesanan hubungi f.geo.ums@gmail.com atau 085293050010 (Jumadi)


Lihat Daftar Isinya

TEMA

Pemanfaatan teknologi penginderaan jauh (remote sensing) dan sistem informasi geografis (SIG) dalam kajian kebencanaan yang berbasis pengurangan risiko (risk reduction)

LATAR BELAKANG

Bencana (disaster) merupakan suatu rangkaian kejadian yang mengakibatkan korban penderitaan manusia, kerugian harta benda, kerusakan lingkungan, sarana dan prasarana serta dapat menimbulkan gangguan terhadap tata kehidupan dan penghidupan masyarakat. Bencana dapat terjadi secara tiba-tiba atau melalui proses yang berlangsung secara perlahan. Beberapa jenis bencana seperti gempabumi, hampir tidak mungkin diperkirakan secara akurat kapan, dimana, dan seberapa besar akan terjadi. Sedangkan bencana lainnya seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, letusan gunungapi, tsunami, anomali cuaca masih dapat diramalkan sebelumnya. Meskipun demikian kejadian bencana selalu memberikan efek kejutan dan menimbulkan banyak kerugian baik jiwa maupun materi.

Seiring dengan bergesernya konsep penanggulangan bencana dari paradigma yang bersifat bantuan (relief) dan kedaruratan (emergency) menuju paradigma yang bersifat pengurangan risiko (risk reduction), penginderaan jauh (remote sensing) dan sistem informasi geografis (SIG) muncul sebagai suatu alat yang ampuh dalam menunjang kegiatan menajemen bencana yang berbasis pengurangan risiko. Integrasi teknologi penginderaan jauh dan SIG mampu mengakomodir penyediaan data, monitoring, proses analisis, visualisasi, penyampaian informasi, dan analisis multidispliner yang berbasis informasi spasial yang mutlak diperlukan dalam managemen bencana saat ini, sehingga ungkapan hidup aman berdampingan dengan bencana (living safely with dasaster) dapat tercapai.

TUJUAN KEGIATAN

• Meningkatkan pemahaman mengenai aplikasi penginderaan jauh dan GIS dalam kajian kebencanaan

KEYNOTE SPEAKER

- Prof. Dr. Suratman Worosuprojo, M.Sc. (Ketua IGI pusat)

PEMBICARA

- Dr. Priyadi Kardono, M.Sc (BAKOSURTANAL)

SASARAN KEGIATAN

• Guru mata pelajaran geografi SMA • Geograf • Instansi • Mahasiswa

WAKTU DAN TEMPAT

21 Januari 2012 pukul 09.00 – selesai Di Auditorium Moh. Djazman Kampus I Universitas Muhammadiyah Surakarta