Tentang Seminar

PENDAHULUAN

Pembangunan bagaikan dua sisi: berdampak positif, juga bisa berdampak negatif. Dampak negatif misalnya kerusakan lingkungan karena tindakan eksploitasi sumberdaya wilayah secara besar-besaran. Karena itu, dalam pelaksanaan pengelolaan sumberdaya wilayah harus berkelanjutan dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan dan menjaga kelestarian ekosistem.

Penerapan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan/Millenium Development Goals (MDGs) dalam pengelolaan sumberdaya wilayah menjadi sebuah keniscayaan agar teraih pemerataan pembangunan, penghematan energi, pelestarian lingkungan, pembangunan ekonomi, dan pengembangan sumberdaya manusia serta menyerap peran serta masyarakat dalam proses pembangunan secara maksimal. Dengan demikian, pembangunan yang dilaksanakan tidak merugikan masyarakat baik dalam lingkup lokal, regional, maupun global

Dilatarbelakangi oleh pemikiran tersebut Fakultas Geografi UMS akan menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Berkelanjutan”. Kegiatan ini merupakan ajang komunikasi antar penggiat geografi di Indonesia, sehingga didapatkan hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dan memiliki daya guna untuk menunjang pembangunan wilayah yang berkelanjutan.

TUJUAN DAN MANFAAT

Seminar ini bertujuan memberikan wawasan tentang pengelolaan sumberdaya wilayah yang berkelanjutan. Seminar ini juga merupakan forum komunikasi bagi para peneliti, guru, dosen, dan praktisi dalam menyampaikan hasil penelitian dan pengabdiannya.

SUB TEMA SEMINAR

Seminar ini terbuka membahas hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mencakup sub t ema berikut:

  1. Pengelolaan sumberdaya fisik wilayah
  2. Pengelolaan sumberdaya manusia
  3. Konstribusi bidang pendidikan untuk pengelolaan sumberdaya wilayah
  4. Aplikasi Penginderaan Jauh dan SIG untuk penyediaan informasi geospasial sumberdaya wilayah

PEMBICARA UTAMA

Prof. Dr. M. Baiquni, MA.

Guru Besar Geografi Regional UGM

Penulis Buku “Membangun dari Pinggiran”

Hasto Wardoyo, Sp.OG (K)

Bupati Kapupaten Kulon Progo,

Penerima Penghargaan Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha atas prestasi kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah dengan status terbaik dari Presiden RI Tahun 2014 (Peringkat I dari 10 besar nasional)

SUSUNAN ACARA

08.00-08.30  :  Regristrasi Peserta

08.30-09.00  :  Sambutan Dekan, Sambutan Ketua IGI, Pembukaan oleh Rektor UMS

09.00-10.00  :  Presentasi Pembicara Utama 1 (Prof. Dr. M. Baiquni, MA.)

10.00-11.00  :  Presentasi Pembicara Utama 2 (H. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K))

11.00-12.00  :  Diskusi Panel

12.00-12.30  :  Ishoma

12.30-14.30  :  Sidang Komisi

14.30-15.00  :  Penutupan Kegiatan Seminar