oleh: Drs. H. Priyono, M.Si. (Dosen Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Menteri Agama Republik Indonesia, Fachrul Razi melemparkan wacana kepada publik dengan melarang pegawai pemerintah mengenakan cadar dan celana cingkrang. Wacana ini merupakan upaya untuk menangkal radikalisme dalam agama. Pengertian radikalisme dalam agama memang perlu disatukan persepsinya. Jika radikal itu diartikan dengan sikap yang mendambakan perubahan secara total dan revolusioner dengan menjungkirbalikkan nilai nilai yang ada secara drastis lewat aksi kekerasan dan ekstrim, maka sebenarnya penggunaan cadar justru sebaliknya yaitu melaksanakan perintah agama dan sebagai identitas wanita muslimah dan menghindarkan fitnah meskipun menurut sejarahnya penggunaan cadar atau niqab tersebut sdh biasa dipakai oleh wanita di wilayah gurun pasir bahkan budaya ini sudah berlangsung sebelum islam datang. Di sejumlah riwayat, Rosul tak pernah melarang namun juga tidak mengharuskan pakai cadar.
Wacana menteri tersebut mendapat reaksi keras dari berbagai ormas islam antara lain dari MUI dengan mengatakan bahwa orang yang ingin mengimplementasikan ajaran agamanya secara konsekwen, tidak bisa dikaitkan dengan radikalisme, ini adalah ranah keyakinan. Berbeda denga ulama, anggota dewanpun berkomentar bahwa pernyataan menag justru bisa menimbulakan konflik di tengah masyarakat, jangan bikin gaduh, imbuh politikus PAN. Berikan pernyataan yang menyejukkan , menghadirkan rasa nyaman dan damai.
Kemabali tentang penggunaan cadar atau dalam bahasa arab disebut niqab. Apa yang kita pikirkan ketika melihat seorang muslimah bercadar? Mungkin Anda berpikir bahwa muslimah tersebut adalah orang sangat mendalam pemahaman islamnya. Atau malah mungkin justru sebaliknya, kita bisa juga berpendapat bahwa mereka terlalu berlebihan dalam beragama. Atau justru mungkin timbul kecurigaan dalam pikiran Anda bahwa muslimah bercadar tersebut adalah pengikut kelompok islam radikal. Memang reaksi orang bisa berbeda-beda dalam memaknai suatu fenomena/peristiwa di hadapannya, tergantung dengan pengetahuannya dan “kepentingan”nya masing-masing. Perbedaan pandangan tentang bercadar ini tampak pada kasus wacana yang dilontarkan oleh menteri agama yang baru aja dilantik, yang tahun yang lalu juga ramai dibicarakan karena Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogkyakarta melarang mahasiswinya memakai cadar, meskipun beberapa hari kemudian larangan tersebut dicabut. Sementara Rektor UMS tidak melarang dan juga tidak mengharuskan mahasiswinya bercadar.
Sebelum lebih jauh kita bahas, dalam konteks bercadar ini, sebenarnya bercadar itu hukumnya Wajib, Sunah, atau Mubah? Jika hukumnya wajib, berarti bagi yang bercadar akan memperoleh pahala sedangkan bagi yang tidak bercadar akan berdosa, jika hukumnya sunah berarti yang bercadar akan mendapatkan pahala sedangkan yang tidak bercadar akan rugi karena tidak mendapat pahala dari bercadar, jika hukumnya mubah berarti boleh bercadar tapi tidak bercadar juga boleh.
Jika kita baca memang terdapat perbedaan pandangan di kalangan ahli fikih tentang cadar. Perbedaan pandangan para ahli fiqih tersebut terkait tafsir surat an-Nur ayat 31 yang artinya, “…janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) tampak daripadanya….”
Ayat di atas dengan jelas melarang wanita muslimah menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa tampak daripadanya. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah: apakah yang biasa tampak dari wanita? Jawaban dari pertanyaan inilah yang kemudian menimbulkan berbagai pendapat di klalangan para ahli fikih.
Mayoritas ahli fikih berpandangan bahwa yang biasa tampak dari wanita yang dimaksud dalam ayat di atas adalah wajah dan telapak tangan. Jadi seluruh tubuh wanita adalah aurat, wajib ditutup kecuali wajah dan telapak tangan.
Namun, ada juga pendapat-pendapat lainnya yang memiliki penafsiran yang berbeda terhadap ayat di atas. Seperti para ahli fikih bermazhab Syafi’i yang menganggap aurat wanita adalah seluruh tubuhnya. Mazhab ini memerintahkan muslimah untuk menutupi wajahnya dengan cadar. Misalnya Muhammad bin Qaasim al-Ghazzi dalam kitabnya Fathul Qaarib berpendapat bahwa seluruh tubuh wanita selain wajah dan telapak tangan adalah aurat. Ini adalah aurat di dalam shalat. Adapun di luar shalat, aurat wanita adalah seluruh badan, termasuk wajah dan telapak tangan.
Sementara ahli fikih bermazhab Hambali tidak mewajibkan, namun menganjurkan muslimah untuk mengenakan cadar dengan tujuan agar aman dari fitnah dan gangguan. Jika cenderung menimbulkan fitnah, dilarang menampakkan wajahnya di hadapan lelaki. Sedangkan ahli fikih bermazhab Maliki seperti Imam al-Qurthubi berpendapat jika seorang wanita memiliki rupa yang cantik dan khawatir wajah dan telapak tangannya menimbulkan fitnah, dianjurkan menutup wajahnya. Namun, bagi wanita yang sudah tua boleh memperlihatkan wajahnya.
Dari sini tampak bahwa para ahli fikih berbeda pendapat tentang hukum bercadar. Dan yang perlu dicatat bahwa tak ada satu pun ahli fikih yang secara tegas mewajibkan untuk bercadar, ada yang setengah mewajibkan (mewajibkan dalam kondisi tertentu) dan ada pula yang sebatas menyarankan.
Mayoritas pendapat ahli fikih tentang bercadar tampaknya lebih mengedepankan kondisi dan situasi dalam menetapkan hukumnya bagi muslimah. Kalau kondisinya cenderung akan menimbulkan fitnah dan membuat mata lelaki jelalatan memandang wajahnya, disarankan untuk memakai cadar. Kalau berada dalam lingkungan yang “aman”, tentu memakai cadar tidak lagi dibutuhkan.
Nampaknya beberapa mahasiswi yang bercadar di Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berhasil saya wawancarai, mereka punya prinsip yang kuat dan keluarga serta lingkungan kampus cukup mendukung sehingga mereka merasa nyaman, meskipun melalui proses yang cukup panjang untuk memutuskannya. Mereka cukup cerdas dan elegant serta religius dan ada lagi yang punya alasan untuk menangkal pandangan yang membenci atau mengagumi kepada wanita shg bisa dimanfaatkan syetan untuk mencelakakan manusia. Ada juga yang mengatakan, penggunaan cadar agar tidak digoda oleh laki laki . Wanita yang memakai cadar di kampus jumlahnya bisa dihitung dengan jari, tetapi mereka memiliki akhlak yang bagus dan menjalankan perintah agama dengan konsekwen serta memiliki kecerdasan intelektual yang lebih.
Oleh karena itu, kembali kepada pertanyaan di awal, apa yang Anda pikirkan ketika melihat seorang muslimah bercadar? Kagum dan simpati atau curiga dan siniskah Anda? Tentu jawabannya bisa berbeda-beda, seperti para ahli fikih yang juga bersilang pendapat tentang hukum bercadar ini. Maka untuk menempatkan pandangan yang pas terhadap muslimah bercadar ini, yang diperlukan adalah kearifan Anda dalam melihat perbedaan pandangan tentang cadar. Agar kita dapat bersikap arif bijaksana, mari membiasakan diri untuk mempelajari dan merenungi terlebih dahulu sebelum mengambil sikap. (*)
(*) Tulisan ini pernah dimuat pada Media Massa Online pasundanekspres.co