Skripsi adalah tugas berkredit (mempunyai nilai Satuan Kredit Semester (SKS)) yang harus ditempuh mahasiswa setelah mengambil semua atau sebagian besar mata kuliah, sebagai syarat untuk mendapatkan gelar Sarjana S-1.

Panduan Skripsi S1-Geografi

  1. Terdaftar sebagai mahasiswa pada semester yang berlaku
  2. Mahasiswa yang bersangkutan telah mendapatkan nilai minimal 120 SKS dengan indeks prestasi komulatif minimal 2,00.
  3. Lulus mata kuliah Metode Penelitian Geografi, dengan nilai minimal C.
  4. Nilai D minimal <14 SKS
  5. Telah mengkonsultasikan kartu rencana studi pada Pembimbing Akademik ( PA ).
  6. Telah melunasi uang skripsi tahap I dari yang ditentukan dan dibayarkan pada waktu mengajukan seminar proposal. Pembayaran tahap II pada waktu mengajukan permohonan ujian skripsi

Catatan: Link warna merah untuk akses mahasiswa, biru untuk akses biro skripsi, dan hijau untuk akses dosen. Akses ke semua google form memakai email CAS UMS

  1. Berdasarkan hasil konsultasi dengan dosen Pembimbing Akademik (PA), mahasiswa mengambil mata kuliah Skripsi dalam KRS.
  2. Mahasiswa mengaktifkan email SSO sekaligus Skripsi Online UMS. Klik disini untuk mengaktifkan email SSO dan Skripsi Online UMS secara mandiri
  3. jika sudah selesai mengaktifkan akun skripsi online, selanjutnya mahasiswa login ke skripsi online. Klik disini untuk login. Masukkan username beserta passwordnya
  4. Jika sudah bisa login ke akunnya segera lakukan pendaftaran skripsi online dan update profilenya.
  5. Biro melakukan validasi ajuan skripsi online mahasiswa.
  6. Mahasiswa memilih judul skripsi yang ditawarkan dosen di akunnya masing-masing atau jika mahasiswa telah memiliki judul sendiri, maka judul bisa langsung di input melalui akunnya.
  7.  Pembimbing memilih dan menyetujui judul dan mahasiswa bimbingannya melalui akun pembimbing
  8. Mahasiswa menyusun Proposal Skripsi sesuai template yang disediakan dengan arahan pembimbing. Template proposal klik di sini
  9. Selama proses bimbingan mahasiswa membuat catatan/log book pada akun skripsinya. Untuk dapat mengupload proposal skripsinya minimal dibutuhkan 3 catatan log book saja.
  10. Proposal yang diupload dalam bentuk pdf sudah di tanda tangani pembimbing dan disahkan Wakil Dekan 1.
  11. Dosen pembimbing menyetujui ajuan Proposal Skripsi mahasiswa untuk diseminarkan melalui akunnya masing-masing.
  12. Mahasiswa menyerahkan syarat-syarat seminar proposal ke biro berupa file pdf dalam 1 file yang meliputi: (a) halaman persetujuan proposal skripsi, (b) catatan harian/log book bimbingan yang ditanda tangani pembimbing, (c) scan sertifikat TOEP, (d) Slip pembayaran SKS Skripsi, (e) Nilai Perkembangan Studi dari Akun STAR, dan (f) Kartu peserta seminar proposal skripsi. File diberi nama dengan format (Nama Lengkap_Seminar). Jika setelah diperiksa dan dinyatakan lengkap maka biro membuat jadwal ujian seminar proposal mahasiswa. Klik di sini untuk upload syarat seminar.
  13. Jika syarat sudah memenuhi, biro skripsi akan membuat jadwal dan undangan menguji seminar proposal mahasiswa ke pembimbing dan penguji. Undangan akan dikirim melalui email
  14. Seminar proposal dilakukan secara online.
  15. Pembimbing membantu mencatat semua masukan dari penguji. Silahkan klik di sini untuk membuat catatan seminar
  16. Setelah Seminar Proposal selesai, Pembimbing dan pembahas bersama-sama menentukan hasilnya. Berita acara hasil seminar akan terkirim ke email mahasiswa. Jika hasil penilaian seminar dinyatakan mengulang, maka mahasiswa harus mengajukan proposal kembali dari awal dengan judul yang berbeda.
  17. Mahasiswa upload berita acara hasil seminar yang sudah di legalisasi (tanda tangan pembimbing, Penguji, dan kaprodi). Klik di sini untuk upload
  18. Mahasiswa mengupload revisi proposalnya baik bagi yang lulus secara langsung maupun dengan catatan ke sistem skripsi online
  19. Mahasiswa melaksanakan penelitian dan menulis skripsi sesuai template skripsi yang disediakan. Download template
  20. Pada saat proses pembimbingan skripsi dengan dosen pembimbing, mahasiswa melanjutkan penulisan catatan harian/log booknya sebanyak total minimal 10 log book untuk dapat mengupload naskah skripsinya
  21. Mahasiswa mengupload naskah skripsi dalam file pdf yang sudah di tanda tangani oleh pembimbing dan wakil dekan 1 melalui akun sistem skripsi online-nya.
  22. Dosen pembimbing Skripsi menyetujui ajuan ujian Skripsi mahasiswa melalui akunnya.
  23. Mahasiswa menulis naskah publikasi berdasarkan hasil penelitian sesuai dengan template publikasi yang disediakan. Download template Naskah Publikasi di sini. Naskah publikasi harus melalui pengujian dari Turnitin dengan similarity index tidak lebih dari 25%. Hasil Turnitin akan d upload oleh petugas dari biro skripsi. Klik di sini untuk upload hasil cek turnitin
  24. Mahasiswa menyerahkan syarat-syarat ujian skripsi ke biro berupa file pdf dalam 1 file yang meliputi: (a) halaman persetujuan skripsi, (b) halaman persetujuan naskah publikasi, (c) halaman persetujuan revisi proposal skripsi, (d) slip pembayaran SKS Skripsi, (e) jurnal bimbingan skripsi yang dicetak dari catatan harian/log booknya di tanda tangani pembimbing, (f) sertifikat TOEP, dan (g) transkip nilai. Klik disini untuk upload syarat ujian skripsi
  25. Jika syarat sudah memenuhi biro akan membuat jadwal ujian dan undangan menguji skripsi mahasiswa ke pembimbing dan penguji. Undangan akan dikirim melalui email
  26. Pada saat pelaksanaan ujian, dosen pembimbing membantu mencatatkan masukan-masukan dari dosen penguji. Selanjutnya tim penguji bersama-sama memberikan penilaian. Klik di sini untuk membuat catatan dan penilaian
  27. Setelah dosen penguji dan pembimbing memberikan penilaian, maka berita acara hasil seminar akan terkirim ke email mahasiswa. Jika hasil penilaian dinyatakan mengulang, maka mahasiswa harus mengulang menyusun naskah skripsinya kembali.
  28. Mahasiswa mengupload berita acara hasil ujian skripsi yang sudah dilegalisasi (TTD Pembimbing, Penguji dan Pengesahan aprodi). Klik di sini untuk upload
  29. Biro akan mengupload berita acara hasil ujian skripsi yang sudah terlegaliasi ke sistem skripsi online UMS dan merubah status mahasiswa menjadi lulus ujian pendadaran
  30. Mahasiswa mengupload revisi naskah skripsinya baik bagi yang lulus secara langsung maupun dengan catatan ke sistem skripsi online
  31. Skripsi selesai

  1. Pelaksanaan ujian dan tim penguji ditetapkan oleh Biro Skripsi.
  2. Pada saat ujian skripsi, mahasiswa berpakaian sopan: pria berbaju putih, bercelana hitam memakai dasi dan bersepatu hitam, mahasiswa putri berpakaian muslimah atas putih, bawah hitam.

Komponen yang dinilai: isi, bahasa, teknik dan sistematika penelitian, komponen penunjang, dan penguasaan materi. Bobot Bobot penilaian terhadap tiap komponen memiliki bobot yang berbeda, sesuai dengan proporsi sebagai berikut: Isi (6), Bahasa (3), Teknik dan sistematika (2), Komponen penunjang (3), Penguasaan materi (6), Penampilan (2), Total bobot = 20.Kriteria Nilai Akhir

Yudisium:

  1. Lulus, perbaikan maksimum 3 bulan sejak ujian skripsi.
  2. Lulus Nilai Ditunda, nilai dikeluarkan setelah perbaikan; lama perbaikan maksimum 3 bulan sejak ujian skripsi dan jika melewati batas waktu 3 bulan maka skripsi diuji lagi.
  3. Tidak lulus, skripsi diuji lagi setelah perbaikan dan membayar uang ujian skripsi ulang.

  1. Mahasiswa wajib menulis artikel publikasi sebagai salah satu syarat pendaftaran ujian skripsi.
  2. Artikel ditulis sesuai template naskah publikasi
  3. Sebelum dikumpulkan manuskrip artikel harus melalui test plagiasi di Turnitin dengan similarity index maksimal 25%.

  1. Skripsi yang telah diperbaiki dan dijilid dengan sampul warna kuning, diserahkan di Ruang Referensi Fakultas, Pembimbing, dan Perpustakaan Universitas masing-masing satu eksemplar.
  2. Referensi Fakultas dan perpustakaan pusat disertai soft copy (CD).
  3. Upload dan Unggah Skripsi dan Naskah Publikasi secama mandiri di sini